Ethnotourism Sanggar

Kamis, 12 Juli 2018

Rabu 20 Juni kemarin Komunitas Kalikuma menghadiri acara Workshop Budaya dengan tema besar "Penguatan Literasi Budaya Bagi Kalangan Muda Desa Kore, Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima.
Tak ingin ketinggalan moment, Kamipun mengunjungi dan melihat sisa-sisa Peninggalan Sejarah Kerajaan Sanggar yang di abadikan di museum daerah setempat.

Situs Rade Nae, Penguatan pemuda desa melalui literasi budaya, selama dua hari dimulai dari Sanggar, caring and sharing pada pemuda sanggar, dari culture, historiografi hingga artefak tracking bersama.
Dan setelah acara workshopnya selesai, kamipun melanjutkanya dengan camping disalah satu pantai wilayah sanggar yang begitu indah dan tenang. "Liburan yang sangat Produktif".


Tidak hanya alam, juga aktivitas masyarakat sangat mahal jika dikemas dengan baik, konsep ethnotourism (wisata budaya) adalah investasi terbaik, Masyarkat akan diajak langsung untuk terlibat dalam pembelajaran (edukasi) dan interaksi ekonomi.

Ketika tracking ke situs Rade Nae, ada sekelompok masyarakat sedang membuat perahu, satu perahunya dijual 15juta, bayangkan jika terjual tiga perahu, berapa pendapatan yg didapat desa.
Ethnotourism jalan-jalan yg sangat mengedukasi, gurunya tentu saja adalah masyarakat didesa tersebut. Mengamati aktivitas mereka secara tidak langsung sudah terjadi interaksi belajar mengajar.



0 komentar:

Posting Komentar

 
sanggar © 2012 | Designed by Bubble Shooter, Wisata Tentang Sanggar , Silsillah and Budaya dan Sejarah