Mengenal Kesenian Sanggar

Kamis, 14 Desember 2017

Siswa sanggar dalam acara Festival Mbojo

Sejarah dan budaya Sanggar sangat beragam, banyak berbagai macam kesenian seperti tarian yang berkembang di Istana maupun di kalangan masyarakatnya. Banyak tarian di Sanggar yang mempunyai nilai filosofi tentang kehidupan seperti kesedihan dan kegembiraan serta syair-syair tua yang selalu didendangkan oleh para tetua mereka.

Perkembangan kesenian Sanggar hingga kini terus dilakoni oleh beberapa tokoh kesenian di Sanggar seperti Pak Suhada yang mempunyai grup Oi Monca yang bergelut dalam tari kreasi hingga tari klasik tentang kerajaan Sanggar. Pak Suhada terus mengembangkan beberapa tari kreasi dengan grupnya di Desa Boro.

Tak hanya Desa Boro juga di beberapa Desa di Sanggar, seperti Kore dan Taloko juga mempunyai beberapa grup kesenian misalkan di Taloko adalah Bapak Ahmad Zain yang melestarikan kreasi bermain rabana dan gendang.

Adapun ragam kesenian tari asli Sanggar yang hingga kini masih dilestarikan oleh tokoh-tokoh diatas adalah sebagai berikut :

  1. Tari Toja, Tari yang dilakukan oleh prajurit di Istana untuk menyambut tamu agung kerajaan serta acara lainnya yang masih ada dilingkungan istana.
  2. Tari Inde Dua, Tarian yang dimainkan oleh sepasang Laki-laki dan perempuan yang diperuntukkan untuk hiburan masyarakat.
  3. Tari Kalero, Tari ini adalah sebuah tarian yang berkembang di kalangan masyarakat Sanggar dengan nyanyian syair yang didendangkan oleh para tetua.
  4. Taria Wura Bongi Monca, Tarian untuk penyambutan tamu, dimana para tamu disambut dengan taburan beras kuning yang melambangkan keagungan dan keselamatan.


0 komentar:

Posting Komentar

 
sanggar © 2012 | Designed by Bubble Shooter, Wisata Tentang Sanggar , Silsillah and Budaya dan Sejarah